Brain-Friendly Presentation

Rangkuman, dari Pelatihan TLC Development, 11/11/11, Fasilisator : Andrew Mardanugraha

Ada 3 tahapan untuk membuat Brain-Friendly Presentation dengan menggunakan slide PowerPoint, yaitu:

1.    Tahap Persiapan

–    Tinggalkan komputer

Sebaiknya jangan memulai persiapan dengan menggunakan komputer, tetapi buatlah konsepnya terlebih dahulu di kertas. Carilah tempat yang tenang, bawalah peralatan yang diperlukan, seperti buku, pulpen, spidol, snack dan minuman bila perlu. Tuangkan ide-ide Anda dalam bentuk mind map dimulai dari menentukan pesan-pesan inti dari presentasi Anda kemudian bagilah pesan tersebut menjadi beberapa pokok pikiran. Pokok pikiran ini menjadi struktur pendukung dalam menyampaikan pesan inti Anda.

–   Inti pesan anda

Dalam tahap ini slide yang dibuat harus sesederhana mungkin tetapi dapat memuat tujuan Anda berbicara, alasan Anda diminta untuk berbicara, dan harapan audience. Struktur presentasi dibuat dalam urutan yang logis. Caranya dengan memindahkan struktur presentasi yang telah dibuat ke beberapa slide PowerPoint dan atur sehingga urutannya sesuai dengan urutan materi yang akan Anda sampaikan. Melalui tampilan slide sorter dapat Anda periksa kembali urutannya, baru kemudian Anda memikirkan untuk menambah slide-slide yang lain sebagai pendukung slide-slide struktur.

–   Persiapan handout

Tahap ini diperlukan untuk menyampaikan banyak informasi detail yang perlu diketahui audience namun sulit untuk ditampilkan dalam slide.

2.   Desain

Prinsip utama dalam mendesain slide adalah simplicity, meliputi:

–   Penggunaan gambar

Ide dalam bentuk gambar lebih mudah diterima dan diingat audienca daripada dalam bentuk kata-kata. Untuk itu gunakanlah teks sesingkat mungkin dan tambahkan gambar untuk memperkuat pesan yang akan Anda sampaikan.

–   Ruang kosong

Ruang ini diperlukan dalam membuat slide dengan tujuan supaya tampilan slide terlihat elegant dan profesional serta membuat gambar dan teks Anda menjadi fokus utama.

–   Kontras

Kontras dalam desain berhubungan dengan pemilihan warna, gambar, latar belakang, ukuran, jenis huruf, ruang kosong, dan komposisi dari seluruh element tersebut.

–   Pengulangan

Pengulangan informasi yang penting minimal 3 kali diperlukan sekali untuk mengingatkan pada audience. Pengulangan juga berlaku untuk penggunaan font, warna, atau gambar yang digunakan dalam slide tetapi pengulangan ini jangan berlebihan sehingga dapat memberikan nuansa slide yang konsisten, kohesif dan menyatu.

 –   Animasi dan Transisi

Gunakan animasi untuk memperlihatkan proses tahapan atau keterkaitan antara satu elemen dengan elemen yang lainnya dalam sebuah slide. Animasi dan transisi yang digunakan juga harus sederhana dan cepat agar tidak ada waktu tunggu terlalu lama saat animasi bekerja. Dengan menggunakan animasi dan transisi yang demikian akan membuat slide Anda terlihat profesional.

3.  Penyampaian

Tahap ini meliputi:

–   Berlatih

Berlatihlah presentasi di depan keluarga atau kalau tidak ada siapa-siapa, berlatihlah di depan cermin. Dengan berlatih ini diharapkan Anda dapat menemukan perbaikan-perbaikan yang tidak disangka-sangka meskipun hanya di depan cermin sekalipun.

–   Bercerita

Sebisa mungkin kemaslah pesan Anda dalam bentuk cerita sebab cerita memiliki nilai emosional yang kuat sehingga memudahkan orang menerima informasi dan mempertahankan dipikirannya.

–   Jadi diri sendiri

Jadilah diri Anda sendiri pada saat presentasi sebab akan menumbuhkan kepercayaan diri sehingga presentasi akan berjalan sukses.

 

Semoga bermanfaat…..

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    yuli yuliantini said,

    Bu Prini, terima kasih tips untuk pembuatan power pointnya………….


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: