Lesson Study, OPEN LESSON PEMUAIAN ZAT

Open Lesson Pemuaian Zat

Open Lesson Pemuaian Zat

Narasumber : Tim Fasilitator Propinsi (H. Dedeng Huzaeni, MP.d dan Prini Utami, S.Pd)

Guru Model : Nelly Simanjuntak, S.Si

Pemandu : Derila Wiharni, SMP PGRI 8

Notulen : Yuli Yuliantini, SMPN 2 Bogor

Materi Ajar : Pemuaian Zat

Tempat : SMP Budi Mulia Bogor

Tanggal : 19 nop 2011

Siswa bereksplorasi

Sambutan Kepsek SMP Budi Mulia

Briefing

Briefing bertempat di perpustakaan SMP Budi Mulia, dimulai pada pukul 08.35 dibuka dan diawali dengan sambutan dari kepala SMP Budi Mulia, bapak Drs. Edi Susilo. Beliau berharap semoga Lesson study bisa bermanfaat untuk guru-guru di Bogor khususnya dan di Indonesia umumnya. Juga bisa membuat siswa tidak bosan dalam pembelajaran karena Lesson Study berorientasi pada siswa, bukan pada guru.

Pemaparan guru model

Pemaparan guru model

Pemaparan Guru Model:

Kelas yang diopen-lessonkan adalah kelas 7.3, kelas yang dikenal paling heboh karena keingintahuannya.

Nama peserta dibuat seperti topi tanpa tutup kepala supaya pengamat mudah mengamatinya dan siswa tidak terganggu.

Model gerak partikel zat

Model gerak partikel zat

Deskripsi pembelajaran

Kegiatan dimulai pada pukul 08.55 diawali dengan sapa salam guru model, apersepsi berupa peragaan gerak partikel zat padat, cair dan gas yang dibawakan oleh siswa kelompok zat padat, cair dan gas, dan motivasi berupa pertanyaan guru model mengapa setrika listrik bisa nyala mati lampu indikatornya secara otomatis. Kegiatan ini berlangsung selama 15 menit.

Kegiatan inti berlangsung selama 65 menit terdiri dari:

– Eksplorasi yaitu menyajikan materi pelajaran dengan bantuan CD pembelajaran pemuaian zat dan memberikan tugas LKS pada kelompok siswa.

Kalibrasi alat Muschenbroek

Kalibrasi alat Muschenbroek

– Elaborasi, yaitu siswa melakukan percobaan pemuaian zat padat dengan menggunakan alat Muschenbroek dan mendiskusikan LKS kemudian hasilnya dipresentasikan oleh beberapa kelompok dan dibahas bersama guru model. Hampir semua kelompok menjawab pertanyaan LKS dengan benar kecuali kelompok 8 karena ada kerusakan alat, yaitu pemuaian logam aluminum dan besi menunjukkan skala yang sama. Selanjutnya guru model mendemonstrasikan prinsip kerja bimetal. Terakhir guru model memberikan pertanyaan berupa kuis kepada masing-masing kelompok dengan skor 100 bagi yang menjawab benar dan skor 200 untuk rebutan. Kelompok 5 dan 8 memperoleh skor terbesar yang sama yaitu 400.

Pengamatan skala alat Muschenbroek

Pengamatan skala alat Muschenbroek

– Konfirmasi dari guru model dengan memberi penghargaan kepada kelompok terbaik, selanjutnya guru model memberikan penguatan-penguatan.

Kegiatan ditutup dengan membuat kesimpulan pembelajaran bersama antara guru model dan siswa. Selanjutnya siswa diberikan evaluasi dan angket dari fasilisator propinsi. Kegiatan evaluasi lebih 5 menit dari rencana karena ternyata siswa mengalami kesulitan pada saat mengisi soal essay yaitu menentukan pertambahan panjang zat.

Pengamatan skala alat Muschenbroek

Refleksi, Penyampaian hasil pengamatan observer

Deskripsi diskusi refleksi

Refleksi dimulai pada pukul 10.40 dan diawali dengan pemaparan kesan-kesan guru model tentang open lessonnya. Intisari kesan-kesan guru model adalah sebagai berikut:

Hasil percobaan siswa tidak menggunakan kertas plano karena ada alat pembakar Muschenbroek dan LKS dirasa guru model sudah cukup.

Hasil Pengamatan semua observer:

1. Motivasi awal cukup baik, anak-anak dijadikan model partikel.

2. Siswa belajar cukup aktif dan bekerja sama dengan baik.

3. Siswa melakukan praktikum sesuai prosedur.

4. CD softawarenya menarik sekali.

5. LKS sudah bagus, jika menggunakan rumus agar dikondisikan. Triknya adalah dalam tabel pengamatan agar ditambahkan simbol yang digunakan dalam rumus, misalnya skala sebelum dipanaskan ditambahkan (lo), skala sesudah dipanaskan ditambahkan (l1), kemudian ditambahkan kolom penambahan panjang (l).

6. Spasinya diperbesar untuk memberikan ruang bagi siswa untuk menjawab pertanyaan dalam LKS.

7. Kesimpulan disertakan dalam LKS.

8. Tujuan pembelajaran menghitung pertambahan panjang belum tercapai sebab masih banyak siswa yang belum dapat menyelesaikan soal hitungan pertambahan panjang.

9. Tidak ada siswa yang mencatat pada saat guru model membuat kesimpulan/rangkuman pembelajaran.

10. Anak-anak dibimbing untuk menjawab, inquarynya bagus.

11. Guru biologi biasanya bingung dengan pelajaran fisika untuk itu open lesson kali ini memang paling ditunggu-tunggu.

12. Luar biasa sekali guru model yang telah merancang pembelajaran dimana dalam satu kali pembelajaran ada praktikum, demonstrasi, peragaan model partikel zat oleh siswa, ceramah, inquary, semuanya serba kumplit.

13. Guru model bagus sekali dalam memotivasi siswa untuk melakukan percobaan ala ilmuan yang membuat siswa menjadi lebih termotivasi.

14. Luar biasa juga untuk siswa bernama Angelina dari kelompok 6 yang sudah bisa menjawab LKS dengan menghubungkan antara percobaan dengan teori/konsep partikel zat. Hal ini jarang sekali ditemui pada siswa umumnya.

15. Saat evaluasi, masih banyak siswa yang kesulitan menuliskan diketahui, ditanyakan dalam bentuk simbol meski guru model sudah mengatakan beberapa kali agar siswa menggunakan simbol tersebut. Mungkin sebaiknya guru model dalam memberikan contoh penyelesaian soal dapat lebih sistematis.

16. Pembelajaran kali ini sudah memuat muatan lokal seperti bagaimana cara melepaskan dua buah tumpukan gelas dengan menggunakan konsep pemuaian zat juga mengapa gelas kaca yang berisi air panas dan dicelupkan sendok stainless steel tidak membuat gelas pecah. Dengan demikian pembelajaran kali ini sudah bermakna.

Manfaat Open Lesson kali ini adalah memberikan pembelajaran bagi yang hadir dan terinspirasi akan model partikel yang diperagakan siswa.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    mulyadi, S Pd said,

    YA BAGUS BISA UNTUK SHARING


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: